Sepele tapi Santun


Terkadang hal sepele itu bisa membuat nyaman.
Suatu misal :

Ketika seseorang meletakkan tasnya di kursi, dan kita akan duduk di kursi itu.
Apakah anda akan langsung duduk begitu saja ?
Atau menyalahkan pemilik tas, kenapa harus meletakkannya ditempat itu ?

Tas adalah barang pribadi seseorang, baik itu siapapun pemiliknya, jelek, bagus, murah maupun mahal, kita tidak tau apakah isi tas tersebut. Bisa jadi ada barang yang rentan dengan tekanan, mudah pecah ataupun yg lainya.

Banyak orang yang langsung duduk begitu saja, saya pribadi kurang setuju seperti ini.
Selain kita duduk merasa kurang nyaman juga karena apa ya, semacam etika tak tertulis hehe begitu deh pokoknya ... 

Jika ditempat umum kita bisa sampaikan kepada pemilik tas secara mereka akan tanggap dan bergegas  untuk memindahkan tasnya, bahkan akan miminta maaf karena sudah menggangu kenyamanan orang lain atau  jika orang yang kenal kita bisa permisi untuk memindahkan tas nya, ntar di kira mencuri lagi kalo diam-diam hehe,  dan kalau orang yg sudah sangat kenal, kita bisa memindahkannya ke tempat yang sepantasnya.

Mungkin disini ada yang kurang setuju, saya sendiri pernah mendengar, "kemlinti mandak yo tas ae, ra pingin kesenggol yo gendongen ngalor ngidul" , = "sok sok an cuma tas aja, ga pingin kena senggol ya bawa aja kemana - mana".

Ya memang sih tas aja, hal ini sangat sepele, tapi saya yakin pemilik tas akan lebih merasa bahwa anda adalah orang yang respect. Dan tidak sembarangan.


**** Be a good girl ****

 

Sinau Bebarengan