Tentang Selai dan Bedanya


Bagi yang belum tau nih apa sih bedanya istilah-istilah dibawah ini :

1. Jelly

Jelly adalah produk yang jernih dan cerah. Jelly (yang untuk dioleskan ke roti) ini dibuat dari jus buah dan gula, dengan penambahan pectin sebagai bahan pengental yang akan membuat tekstur yang seperti anda kenal. Secara umum, jelly tidak akan mengandung bagian apapun dari buah (kecuali jus-nya, tentunya), kecuali (lagi) untuk beberapa produk khusus seperti jelly cabai, anda akan bertemu dengan bagian-bagian dari bahan cabai yang digunakan untuk membuat jelly cabai ini. JalapeƱo adalah cabai yang paling sering digunakan dalam membuat olesan (manis?) ini.

2. Jam

Produk ini seringkali kita jumpai di pasaran. Jam dibuat dengan cara memasak buah yang dihancurkan atau di cincang dengan gula, dengan penambahan pectin dan terkadang jus lemon. Jam biasa mengandung daging buah yang sudah hancur dan lembut, tapi jam sama sekali tidak akan mengandung potongan daging buah, karena jika ada potongan daging buah, maka selai tersebut sudah tidak dapat dianggap sebagai jam lagi.

3. Preserves

Inilah produk mirip jam yang masih mengandung potongan daging buah. Biasanya akan anda temukan potongan-potongan besar utuh yang sudah sangat lembuh karena proses pemasakan, sehingga tekstur yang didapat tidak lembut seperti jam atau jelly.

4. Marmalade

Produk ini khusus hanya dapat dibuat dari produk jeruk-jerukan. Marmalade bukan preserve, karena tidak hanya mengandung daging buah, tapi juga mengandung potongan kulit jeruk. Marmalade dibuat untuk menggabungnkan rasa manis, asam dan pahit yang segar dari daging buah dan kulit jeruk yang memiliki bau wangi khas jeruk yang menyegarkan.

5. Conserve

Buat anda pecinta buah-buahan, pilihan ini mugkin pilihan yang paling tepat, karena menggabungkan lebih dari satu macam buah, dan pada saat pembuatannya, seringkali dicampurkan kacang dan kismis, yang kemudian dimasak bersama sampai kental.

6. Chutney

Buat lidah Indonesia, Chutney mungkin lebih mirip asinan, sedangkan bagi dunia barat, makanan ini adalah makanan yang "membuat batasan antara acar dan selai jadi kabur". Makanan yang berasal dari India (yang dalam bahasa asli, Chatni berarti berbumbu berat) ini dibuat dari buah atau sayuran. Chutney dapat berbentuk kasar seperti preserve atau lembut seperti conserve. Bahan yang utama dalam Chutney adalah buah, atau sayuran, cuka, gula, dan bumbu (bisa pedas juga lho) yang dimasak sampai tingkat kelembutan sesuai selera pemasaknya.

7. Fruit Butter

Buah yang paling sering dipakai sebagai "mentega buah" ini adalah apel atau prune, yang dibuat dengan cara daging buah hancur, ditambah gula, jus lemon dan beberapa bumbu, dimasak perlahan sampai lembut. Produk ini sama sekali tidak mengandung susu, jadi pasti aman bagi anda aliran vegetarian manapun, walaupun namanya butter.

8. Fruit Curd

Selai ini tampaknya sulit ditemui di negara kita. Selai satu ini dibuat dari gula, telur dan mentega, dan ditambah jus buah jeruk-jerukan plus kulitnya tentunya. Bayangkan saja marmalade ditambah telur dan mentega.

9. Fruit Spread

Bayangkan saja produk yang satu ini seperti jelly rendah kalori yang dibuat dari konsentrat jus dan pemanis rendah kalori sebagai pengganti gula dan jus buah asli.

10 Selai Kacang
Selai kacang atau mentega kacang (peanut butter) adalah makanan dibuat dari kacang tanah yang disangrai dan dihaluskan setelah diberi gula dan garam.


Dan masih banyak lagi tentunya..
 
 

Sinau Bebarengan